Amalan Khusus di Bulan Sya’ban

Malam Pertama
Disunnahkan melakukan shalat sunnah dua belas rakaat (setiap dua rakaat salam), setiap rakaat setelah Fatihah membaca surat Al-Ikhlash (sebelas kali).

Hari Pertama
Diutamakan berpuasa, puasa ini memiliki banyak keutamaan.
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
“Barangsiapa yang berpuasa pada hari pertama bulan Sya’ban, wajib baginya surga.”

Rasulullah saw bersabda: “Besar pahala bagi yang berpuasa tiga hari bulan ini, dan pada malam-malamnya melakukan shalat dua rakaat, setiap rakaat sesudah Fatihah membaca surat Al-Ikhlash (sebelas kali).”

Hari Ketiga
Hari ini adalah hari kelahiran Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib (sa), hari Kamis. Pada hari ini dianjurkan membaca doa berikut:

Allâhumma innî as-aluka bihaqqil mawlûdi fî hâdzihil yawm, al-maw’ûdi bisyahâdatihi qablastihlâlihi wa wiladatihi.

Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Al-Husein yang dilahirkan pada hari ini, hari yang telah dijanjikan kesyahidannya sebelum hari kelahirannya.

Menangisinya langit dan semua penghuninya, bumi dan semua penghuninya. Setelah diinjak-injak ia diiarkan sebagai orang yang terbunuh dan mengenaskan. Padahal ia adalah penghulu keluarga Nabi saw, yang menyambungkan pertolongan pada hari kiamat, kepemimpinannya diteruskan oleh para imam dari keturunannya. Dalam turbahnya terdapat penyembuhan, keberuntungan bagi orang-orang yang syahid bersamanya. Para washi Rasulullah saw dari keturunannya hingga Al-Mahdi (sa) dan keghaibannya, keberadaan mereka terasing, mereka menuntut pembelaan kebenaran, mereka mencintai Yang Maha Perkasa, mereka sebaik-baik pemberi pertolongan. Semoga shalawat selalu tercurahkan pada mereka sepajang siang dan malam.

Ya Allah, dengan hak mereka aku bertawasul kepada-Mu, dan memohon kepada-Mu permohonan orang yang mengakui keburukan dan kehinaan dirinya siang dan malam, yang memohon penjagaan-Mu sampai kematian menjemputnya.

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, kumpulkan kami ke dalam golongannya, tempatkan kami bersamanya di tempat yang mulia.

Ya Allah, sebagaimana Engkau muliakan kami dengan pengenalannya, maka muliakan kami dengan kedekatannya. Karuniakan pada kami persahabatannya dan mengikutinya. Jadikan kami orang yang menerima perintahnya, memperbanyak shalawat kepadanya ketika namanya disebutkan, bershalawat kepada semua washiya yaitu mereka yang disucikan dan penyambung tali-Mu yang jumlahnya dua belas. Merekalah gemintang yang cemerlang, dan hujjah bagi semua manusia.

Ya Allah, anugerahkan pada kami hari ini karunia yang terbaik, sampaikan pada kami pada harapan kami, sebagaimana yang telah Engkau karuniakan kepada Al-Husain karena Muhammad kakeknya, dan Futhrus memohon perlindungan kepada-Mu dengan kelahirannya. Maka kami juga memohon perlindungan kepada-Mu dengan kuburnya. Kami bersaksi tentang turbahnya dan memandang kesyahidannya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Kemudian membaca doa Imam Husein (sa), doa ketika menghadapi musuh-musuhnya pada hari Asyura:

Ya Allah, Engkau Maha Tinggi kedudukan-Mu, Maha Agung kekuasaan-Mu, Maha Berat murka-Mu, Maha kaya dari semua makhluk-Mu, Maha Luas kekuasaan-Mu, Maha Kuasa atas apa yang Engkau kehendaki, Maha Dekat rahmat-Mu, Maha Benar janji-Mu, Maha Sempurna nikmat-Mu, Maha Baik ujian-Mu, Maha Dekat bila dipanggil. Engkau meliputi semua yang Kau ciptakan, menerima taubat orang yang bertaubat pada-Mu, Maha Kuasa atas apa yang Engkau kehendaki, mengetahui apa yang Engkau inginkan. Engkau bersyukur bila disyukuri, mengingat bila Engkau diingat. Aku berdoa pada-Mu sebagai orang yang butuh, aku berharap pada-Mu sebagai orang yang fakir, aku takut pada-Mu sebagai orang yang takut, aku menangis pada-Mu sebagai orang yang berduka, aku memohon pertolongan pada-Mu sebagai orang yang lemah, aku bertawakal pada-Mu sebagai orang yang mengharap pertolongan.

Adili di antara kami dan kaum kami, mereka telah membohongi kami, menipu kami dan membunuh kami. Kami adalah keturunan Nabi-Mu, putera kekasih-Mu Muhammad bin Abdillah, hamba-Mu yang Engkaupilih untuk menyampaikan risalah-Mu, yang Engkau percayai untuk mengemban wahyu-Mu. Maka, jadikan bagi kami dalam urusan kami kebahagiaan dan jalan keluar, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.
(Mafâtihul Jinân, bab2, bulan Sya’ban)

Secara lengkap Amalan dan doa2 di bulan Sya’ban dapat didownload di:
http://tokoku99.com/product-islami/e-book.html

Wassalam
Syamsuri Rifai

Macam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dunia anak dan artikel Islami:
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com

Amalan Praktis harian dan Bulanan, dan doa2 pilihan:
https://islampraktis.wordpress.com

Tafsir tematik, keutamaan surat2 dan ayat2 Al-Qur’an:
http://tafsirtematis.wordpress.com

Audio shalawat tarhim, doa dan musik2 ruhani (mp3), dilengkapi tek narasi:
http://syamsuri149.multiply.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 haji dan umroh:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis keluarga bahagia, dunia anak dan artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s